Tentang Hikari
Selamat Datang di Sekolah Hikari

Sejak alas kaki mungkin terpasang, kemudian langkah demi langkah terayun sampai derap akhir “tiba di tempat tujuan”, makna suatu perjalanan tidak terletak hanya pada tiba sekejap mata. Tetapi makna ada pada setiap temuan dan kehilangan, pada setiap senyuman dan tangisan, dalam perjalanan itu sendiri. Lupakan semua yakin dan ragu, ungkapkan niat dalam langkah nyata. Mewujud hasil bukan berarti akhir, menampak gagal bukan fatal, karena makna terletak pada ketabahan dan keberanian untuk tetap ayunkan langkah.
Sejarah Sekolah Hikari
Semua ada awalnya
HIKARI merupakan singkatan dari HIKmah Anak NegeRI. Dengan mendirikan Sekolah Hikari, Yayasan Semarak berharap dapat turut mengantarkan anak-anak —para generasi penerus calon pemimpin bangsa ini— memiliki watak yang mulia dan pengetahuan dasar yang kokoh, menjadi manusia-manusia yang mandiri dan mampu bekerja sama dalam menyongsong masa depan yang lebih baik.

VISI
- Generasi penerus yang memiliki watak mulia dan
pengetahuan dasar yang kokoh
MISI
- Mengembangkan pengetahuan dasar dengan pembentukan watak (karakter), kematangan emosional, kearifan lokal dan wawasan global.
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang sederhana, ceria, dan efektif sesuai dengan perkembangan anak.
MOTO
- KEMANDIRIAN & KERJASAMA

Nilai-nilai
- Kennis is macht, KARAKTER is meer.
Knowledge is power, but CHARACTER is more - Pendidikan itu untuk memahami berbagai perspektif.
Pendidikan itu untuk membangun toleransi. - Pembelajaran adalah proses kreasi bukan konsumsi.
Pembelajaran itu sintesis bukan divisi
TUJUAN PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH HIKARI
- Menyemai rasa empati dan rasa kebersamaan pada anak-anak
- Membiasakan anak-anak bermain dan belajar dengan baik bersama temannya
- Melatih anak-anak agar mampu menjaga diri mereka sendiri
- Mengajarkan anak-anak untuk memahami berbagai persepektif dan nilai-nilai secara individu, komunitas dan global
- Mengajak anak-anak untuk memiliki cita-cita tinggi dan meniti masa depan yang lebih baik






KEBIJAKAN MANAJEMEN SEKOLAH
- Kepala sekolah selalu berupaya mengarahkan para guru untuk menggunakan seluruh kemampuan terbaiknya.
- Para guru selalu berupaya meningkatkan kapasitas dan profesionalitas.
- Para guru selalu menghormati hak anak-anak dan memperhatikan apa yang mereka katakan.
- Para guru tidak melakukan kekerasan apapun kepada anak-anak.
- Para guru selalu berkomunikasi dan berbagi informasi, sehingga tumbuh pemahaman bersama dan saling pengertian.
- Sekolah berusaha menciptakan suatu taman siswa yang sederhana dan menyenangkan.
- Kelas selalu berupaya memupuk setiap anak bahwa “belajar itu seru”, “mengerti itu menyenangkan”, dan “tumbuh itu membahagiakan”.
- Kegiatan pendidikan dan pembelajaran melibatkan sebanyak mungkin solusi masalah dalam pengalaman sehari-hari, interaksi dengan masyarakat dan alam sekitar, pengertian yang berkaitan dengan kehidupan dan kematian, dan topik-topik yang transversal dan komprehensif.
- Sekolah selalu berusaha menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua dan masyarakat sekitar.
- Dengan semangat “silih asah, silih asuh, silih asih,” sekolah selalu berupaya menjalin silaturahim dan kerjasama dengan sekolah lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan.